AL-BADAWI, ABDULLAH BIN UMAR

AL-BADAWI, ABDULLAH BIN UMAR
(w. 685 H/1282 M). Seorang penganut mazhab Syafi’i yang mempunyai reputasi tinggi karena berpengetahuan sangat luas dan banyak mengahsilakan banyak karya tulis. Nama lengkapnya Abdullah bin Umar bin Muhammad bin Ali Abdul Khair Nasiruddin. Ia adalah anak dari seorang hakim agung di Fars (Iran barat daya) di bawah atabeg (gelar pejabat militer Bani Seljuk) Abu Bakar bin Sa’d (613 – 658 H/1226 – 1260 M). Ia sendiri juga seorang hakim agung di Syiraz, kemudian menetap di Tabriz (Iran barat laut) sampai wafatnya.
Al-Badawi menghasilkanbanyak karya dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan, termasuk Tasfir Al-Qur’an, yaitu Anwar at-Tanzil wa Asrar at-Ta’wil. Karyanya ini berdasarkan kitab al-Kasyasyaf karangan az-Zamakhsyari. Karyanya ini dianggap sebagai karya paling baik. Karya-karyanya yang lain adalah mengenai syariah, fikih, teologi skolastikdan tata bahasa. Karya-karyanya itu secara umumbukanlah tulisan asli, melainkan berdasarkan tulisan-tulisan penulis lain. Dia dikenal karena keringkasanya dalam cara memperlakukan pelbagai mata pelajaranya. Tetapi karya-karyanya itu dianggap cacat karena kurang lengkap dan juga disalahkan karena ketidaksamaan.
Selain karya-karya kecil mengenai tata bahasa dan syariah, ia menulis Minhaj al-Wusul ila ‘Ilm al-Usul. Karangan ini diterbitkan di Bulak tahun 1316, dan dikomentari oleh Abdurrahman bin Hasan al-Isnawi (w. 722 H/1370 M); kemudian diterbitkan pada garis tepi kitab at-Takrir wa at-Takhbir, karangan Ibnu Amir al-Hajj.
Al-Baidawi mengasilkan sebuah tulisan mengenai metafisika, yaitu Tawali al-Anwar min Matali al-Anzar. Karya ini dikomentari oleh Mahmud bin Abdur Rahman al-Isfahani (w.749 H/1384 M), dan diterbitkan di Cairo pada tahun 1323.
Al-Badawi menulis suatu karangan dalam bahasa Persia, yaitu Nizam at-Tawarikh, yang diperbaiki dan diberi komentar di Hindustani oleh Sayyid Mansur, kemudian diterbitkan di Hyderabad tahun 1930. buku ini berisi sejarah dunia dari Adam hingga tahun 674 H/1275 M.
Salah satu karanganya mengenai tafsir Al-Qur’an, yang disebut diatas, diterbitkan di Cairo pada tahun 1330, empat bagian dalam dua jilid, yang dikomentari oleh Khatib al-Kazaruni. Karangan ini diwajibkan kepada mahasiswa-mahasiswa tahun keenam di al-Azhar.

About the Author

RIZAL RIZLA

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Berbagi Menuju Lebih Baik. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com