HUKUM PERKAWINAN ADAT

0 comments
HUKUM PERKAWINAN ADAT

A. PENDAHULUAN

Indonesia adalah negara yang masyarakatnya sangat multi etnis, berbagai budaya dan suku didalamnya sehingga menimbulkan suatu aturan atau hukum yang berbeda pula. Pluralisme demikian yang menyebabkan negara Indonesia mengadopsi berbagai produk hukum sebagaimana kita ketahui bahwa system hukum yang berlaku di Indonesia adalah system hukum yang majemuk yaitu hukum adat, Islam dan Barat (kontinental). Mungkin dari ketiga hukum tersebut dipandang representative dalam menegakkan keadilan dan menjawab persoalan-persoalan yang sangat kompleks untuk konteks sekarang dan yang akan datang.
Dari ketiga hukum tersebut kami lebih tertarik dalam makalah ini untuk membicarakan masalah hukum adat, karena bentuk dari hukum adat itu tidak tertulis dan berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan berlaku untuk golongan-golongan tertentu saja. Yang menjadi ikatan hukum tersebut adalah berupa sangsi moral atau malu apabila seseorang tidak mengikuti hukum yang berlaku di suatu tempat tersebut untuk itu kami akan membahas lebih khusus lagi pada bagian asas-asas hukum adat, tepatnya di Minangkabau misalnya struktur dari hukum adat itu sendiri yaitu adat nan teradat sebagai bentuk bangunan-bangunan adat yang nyata yang menjadi kebutuhan sehari-hari seperti (perkawinan, kewarisan, jual beli dan sebagainya).
Dibawah ini kami akan lebih khusus menulis tentang hukum perkawinan adat dan macam-macamnya, asas-asas, sistem hukum adat, tujuan hukum adat, adat pertunangan serta permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam hukum adat seperti perceraian dan sebagainya. Semoga dalam pembahasan makalah ini dapat memberikan kontribusi pada pemikiran hukum perkawinan pada umumnya dan hukum perkawinan adat pada khususnya.
B. PEMBAHASAN

Perkawinan adalah suatu peristiwa yang sangat penting dalam penghidupan masyarakat kita; sebab perkawinan itu tidak hanya menyangkut wanita dan pria bakal mempelai saja, tetapi juga orang tua kedua belah pihak, saudara-saudaranya, bahkan keluarga-keluarga mereka masing-masing . Dalam masyarakat adat perkawinan merupakan bagian peristiwa yang sakral sehingga dalam pelaksanaannya harus ada keterlibatan arwah nenek moyang untuk dimintai do’a restu agar hidupnya kelak jadi keluarga yang bahagia. Sebagai ikatan lahir batin antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.
Hukum adat sendiri adalah hukum yang menjadi kebiasaan masyarakat yang menjadi tingkah laku sehari-hari antara yang satu dengan yang lain dan terdapat sanksi didalamnya biasanya berupa moral. Hukum adat telah lama berlaku di tanah air kita adapun kapan mulai berlakunya tidak dapat ditentukan secara pasti, tapi dapat diperkirakan hukum tersebut berkembang sudah lama dan tertua umurnya sebelum tahun 1927 keadaanya masih biasa saja dan apa adanya .
Dari uraian bahwa hukum perkawinan adat adalah kebiasaan atau tingkah laku masyarakat adat dalam melakukan upacara perkawinan yang kemudian kebiasaan tersebut dijadikan hukum positif yang tidak tertulis dan hanya berlaku dalam masyarakat tertentu dan mempunyai sangsi didalamnya.
A. Tujuan Perkawinan dalam Hukum Adat
Seperti apa yang disinggung dalam pengertian bahwa dalam masyarakat adat, perkawinan tersebut mempunyai tujuan tersendiri baik secara umum maupun khusus. Secara umum mempunyai tujuan mewujudkan masyarakat yang aman, tentram dan sejahtera, secara khusus dengan berbagai ritual-ritualnya dan sesajen-sesajen atau persyaratan-persyaratan yang melengkapi upacara tersebut akan mendukung lancarnya proses upacara baik jangka pendek maupun panjang namun pada akhirnya mempunyai tujuan yang sama yaitu ingin mendapatkan kehidupan yang bahagia dan sejahtera dan keluarga yang utuh.

B. Asas-asas dalam Hukum Perkawinan Adat
Dalam masyarakat adat, hukum perkawinan mempunyai asas-asas atau bentuk yang menjadi parameter masyarakat dalam melaksanakan hukum tersebut, masing-masing daerah mempunyai aturan sendiri dan berbeda-beda sesuai kesepakatan dan kebiasaan setempat, biasanya hukum adat mempunyai sumber pengenal sesuai apa yang terjadi dan benar-benar terlaksana di dalam pergaulan hukum dan berasal dari segala gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat tertentu. terkadang juga eksistensi dari penguasa setempat atau bisa disebut kepala suku atau penguasa adat sangat berpengaruh dan mempunyai andil besar dalam memberikan keputusan berupa keputusan. Secara garis besar asas-asas dalam hukum adat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
1. Bentuk perkawinan berdasarkan arah persiapan
A. Pertunangan
Seperti yang kita ketahui dan melihat ada tahapan sebelum perkawinan itu dilaksanakan, yang dimaksud tahap tersebut adalah pertunangan, tahap ini dilakukan awal kali pertemuan setelah ada persetujuan antara kedua belah pihak (pihak keluarga pihak suami dan pihak keluarga bakal istri) untuk mengadakan perkawinan, dan mempunyai sifat yang mengikat. Tujuan dari pertunangan ini adalah untuk membatasi pergaulan kedua belah pihak dan menjamin perkawinan akan berlangsung dalam waktu dekat.
B. Tanpa lamaran dan tanpa pertunangan.
Ada beberapa corak perkawinan yang tidak didahului oleh lamaran dan pertunangan. Corak perkawinan yang demikian kebanyakan ditemukan dalam persekutuan yang bersifat patrilineal. Namun dalam matrilineal dan patrilineal (garis ibu-bapak) juga ditemukan walaupun hanya sedikit. Seperti di daerah Lampung, kalimantan, bali, sulawesi selatan. Mereka mempunyai tujuan tersendiri diantaranya yaitu secara umum untuk membebaskan diri dari pelbagai kewajiban yang menyertai perkawinan dan pertunangan seperti memberi hadiah, atau paningset dan sebagainya.

2. Bentuk perkawinan berdasarkan tata susunan kekerabatan
A. Dalam sifat susunan kekeluargaan matrilineal (garis keturunan ibu).
Setelah kawin, suami tetap masuk pada keluarganya sendiri. Pada prosesnya calon suami di jemput dari rumahnya kemudian tinggal dan menetap di rumah keluarga istri, tetapi anak-anak dan keturunannya masuk keluarga istri dan si ayah pada hakikatnya tidak mempunyai kekuasaan terhadap anak-anaknya. Karena rumah tangga suami istri dan anak-anak keturunannya dibiayai dari milik kerabat si istri.
B. Dalam sifat susunan kekeluargaan patrilineal (garis keturunan bapak).
Sifat utama dari perkawinan ini adalah dengan memberikan “jujur” oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan sebagai lambang diputuskannya hubungan kekeluargaan si istri dengan orang tuanya, nenek moyangnya dan singkatnya dengan kerabat dan persekutuannya. Setelah perkawinan si istri masuk dalam lingkungan keluarga suami begitu juga anak-anak keturunannya .
Sistem jujur ini tidak lantas kemudian difahami sebagaimana yang difahami oleh para etnolog barat yaitu sebagai ”pembelian” tetapi sesuai dengan pengertian etnolog hukum adat yang murni, maka jujur itu adalah suatu “penggantian” memahami bahwa kedudukan gadis itu dalam pengertian religio-magis-kosmis, diganti dengan suatu benda sehingga terjaga keseimbangan, tidak mengosongkan arti religio-magis-kosmis tersebut.
Kawin jujur mengandung tiga segi pengertian yaitu pada sisi yuridis akan terjadi perubahan status, pada sisi sosial (politis), perkawinan tersebut akan mempererat hubungan antar kerabat, hubungan kekeluargaan dan menghilangkan permusuhan sedangkan yang ketiga yaitu dari sisi ekonomis adanya pertukaran barang .
C. Dalam sifat susunan kekeluargaan parental (garis keturunan Keibu-Bapaan).
Setelah perkawinan baik si istri maupun suami menjadi milik keluarga bersama begitu juga anak-anak dan keturunannya. Dalam sifat ini juga terdapat kebiasaan berupa pemberian-pemberian dari pihak laki-laki terhadap pihak perempuan, tetapi pemberian disini tidak mempunyai arti seperti jujur, mungkin dulu dasarnya seperti jujur tetapi lebih banyak diartikan sebagai hadiah perkawinan. Hal demikian banyak dijumpai di daerah Aceh, Jawa dan Sulawesi Selatan.

C. Sistem Perkawinan dalam Hukum Adat
Dalam perkawinan sekiranya harus ada pengelompokkan berupa system perkawinan agar teridentifikasi system yang digunakan dalam hukum perkawinan adat itu sendiri seperti apa?. Di Indonesia selama ini ada tiga system yang berlaku di masyarakat yaitu endogamy, exogami dan eleutherogami.
1. System Endogamy
Dalam system ini orang hanya diperbolehkan kawin dengan seorang dari suku keluarganya sendiri, sekarang sudah jarang sekali di Indonesia karena system ini dipandang sangat sempit dan membatasi ruang gerak orang. Sistem ini masih berlaku di daerah Toraja, tetapi dalam waktu dekat akan lenyap sebab sangat bertentangan sekali dengan sifat susunan yang ada di daerah itu, yaitu parental.
2. Sistem Exogami
Dalam sistem ini orang diharuskan kawin dengan orang diluar sukunya sendiri. Sistem ini banyak dijumpai di daerah Tapanuli, Alas Minangkabau. Namun dalam perkembangannya sedikit-sedikit akan mengalami pelunakan dan mendekati eleutherogami. Mungkin larangan itu masih berlaku pada lingkungan kekeluargaan yang sangat kecil saja.
3. System Eleutherogami
Pada system ini tidak mengenal larangan-larangan apapun atau batasan-batasan wilayah seperti halnya pada endogamy dan exogami. System ini hanya menggunakan berupa larangan-larangan yang berdasarkan pada pertalian darah atau kekeluargaan (nasab) turunan yang dekat seperti ibu, nenek, anak kandung, cucu dan saudara kandung , saudara bapak atau ibu.

D. Perceraian dalam Hukum Adat
Pada dasarnya kerabat dan masyarakat menginginkan agar perkawinan yang telah dilangsungkan itu dapat bertahan selama-lamanya atau meminjam istilah Djodjodigoeno, sampai kaken-kaken, ninen-ninen artinya sampai si suami menjadi kaki (kakek) dan si istri menjadi ninik (nenek) yaitu orang yang sudah bercucu dan becicit (Djodjodigoeno, 1957: 56). Namun idealisme yang demikian ini di dalam kenyataannya tidak selalu dapat diwujukan, perceraian atau putusnya perkawinan dapat terjadi dalam masyarakat, dan putusan hubungan perkawinan itu dapat terjadi pula karena didorong oleh kepentingan kerabat dan masyarakat (di Batak misalnya, salah satu alasan terjadinya perceraian adalah oleh karena hubungan yang tidak baik dengan salah satu atau beberapa jabu dari kerabat suami yang menjadi serius dan membawa suasana yang memburuk antara seluruh kaum kerabat si suami)- (Payug Bangun 1976: 105).
Alasan-alasan terjadinya perceraian itu sangatlah bervariasi. Tetapi dari variasi itu terdapat hal yang sama, yaitu pada umumnya alasan daripada terjadinya perceraian adalah karena zinah yang dilakukan oleh pihak istri. Selain alasan umum di atas juga ada alasan-alasan lain, yaitu:
A. Tidak memperoleh keturunan dan suami meninggal dunia (minta cerai dari jabul asal suaminya- Batak).
B. Karena kerukunan rumah tangga telah tidak dapat dengan sungguh-sunggu dipertahankan lagi (Lampung).
C. Karena campur tangan pihak mertua sudah terlalu jauh dalam soal rumah tangga mereka (Aceh).
Mahkamah Agung berpendapat bahwa menurut hukum adat pada umumnya dan menurut hukum Adat setempat (Batak-Karo), perceraian dari perkawian dibolehkan, dengan alasan karena tidak lagi terdapat hidup bersama secara rukun ("onheelbare tweespalt") dan oleh karena kelakukan-kelakuan yang tidak baik dari pihak suami. Menurut Mahkamah Agung maka pihak isteri dapat memintakan perceraian apabila terdapat alasan yang terakhir ini. (Keputusan Mahkamah Agung No. 438K / Sip / 1959 6 Januari dan No. 75 K / Sip / 1963).
Dari pernyataan di atas menunjukkan bahwa perceraian dalam sistem perkawinan adat dapat terjadi sesuai dengan alasan-alasan yang kongkrit. Karena perceraian dalam perkawinan banyak terjadi. Sehingga Mahkamah Agung memberikan pernyataan terutama bagi pihak isteri berhak untuk mengajukan cerai gugat apabila ada unsur-unsur yang tidak baik dari suami seperti penganiayaan, tidak memberi nafkah, selingkuh dan seterusnya.

D. KESIMPULAN

Dari uraian diatas sekiranya kita dapat menyimpulkan bahwa di Indonesia berlaku berupa hukum adat yang mengatur bagian perkawinan yang pelaksanaanya berlaku sesuai adat dan kebiasaan suatu tempat tertentu, hukum tersebut tidak di verbalkan secara meluas tetapi mempunyai sifat yang mengikat sesama masyarakat adat tersebut berupa sangsi moral/malu ketika seseorang berperilaku tidak sesuai dengan hokum tersebut. Berawal dari budaya yang plural sehingga menimbulkan masalah yang kompleks, akhirnya hukum adat diberlakukan di Indonesia agar bisa mewakili dari permasalahan tersebut. Hukum perkawinan adat mengenal kepatutan dan keselarasan dalam pergaulan dan bersifat religio magis, tidak mengenal pembidangan hukum perdata dan hukum publik.
Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam tujuan hukum adat adalah untuk mewujudkan masyarakat yang aman, tentram dan sejahtera serta hidup yang sakinah mawaddah warahmah. Akan tetap dalam perkawinan tidak semua yang menjadi harapan tercapai dengan baik. Adakalanya berakhir dengan perceraian disebabkan oleh suami atau sebaliknya. Dalam hukum Adat perceraian dari perkawian dibolehkan, dengan alasan karena tidak lagi terdapat hidup bersama secara rukun ("onheelbare tweespalt") dan oleh karena kelakuan-kelakuan yang tidak baik dari pihak suami. Sebagaimana dalam keputusan Keputusan Mahkamah Agung No. 438K / Sip / 1959 6 Januari dan No. 75 K / Sip / 1963. bahwa perceraian dapat terjadi apabila sudah tidak memungkinkan hidup rukun dan damai. Wallahu A'lam. []


DAFTAR PUSTAKA

Ali Muhammad, Daud, Hukum Islam Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia, Jakarta: Raja grafindo Persada, 2002.

Bushar, Muhammad, Pokok-Pokok Hukum Adat, Jakarta: Pradnya Paramita, 2000.

Soerojo, Wignjodipoero, Pengantar dan Asa-asa Hukum Adat, Jakarta, Gunung Agung, 1995.

Soekanto, Soerjono Hukum Adat Indonesia, Jakarta: Rajawali, 1990. UU No. 1 tahun 1974, Tentang Perkawinan.

Hamid, Zahri, Pokok-pokok Hukum Perkawinan Islam dan Undang- Undang Perkawinan di Indonesia, Surabaya: Bina Cipta, 1978.

10 KESALAH PAHAMAN TENTANG SUKSES

0 comments
Kesalahpahaman 1
Beberapa orang tidak bisa sukses karena latar belakang, pendidikan, dan lain-lain. Padahal, setiap orang dapat meraih keberhasilan. Ini hanya bagaimana mereka menginginkannya, kemudian melakukan sesuatu untuk mencapainya.

Kesalahpahaman 2--
Orang-orang yang sukses tidak melakukan kesalahan. Padahal, orang-orang sukses itu justru melakukan kesalahan sebagaimana kita semua pernah lakukan Namun, mereka tidak melakukan kesalahan itu untuk kedua kalinya.

Kesalahpahaman 3--
Agar sukses, kita harus bekerja lebih dari 60 jam (70, 80, 90...) seminggu. Padahal, persoalannya bukan terletak pada lamanya anda bekerja. Tetapi bagaimana anda dapat melakukan sesuatu yang benar.

Kesalahpahaman 4--
Anda hanya bisa sukses bila bermain sesuatu dengan aturan. Padahal, siapakah yang membuat aturan itu? Setiap situasi membutuhkan cara yang berbeda. Kadang-kadang kita memang harus mengikuti aturan, tetapi di saat lain andalah yang membuat aturan itu.

Kesalahpahaman 5--
Jika anda selalu meminta bantuan, anda tidak sukses. Padahal, sukses jarang sekali terjadi di saat-saat vakum. Justru, dengan mengakui dan menghargai bantuan orang lain dapat membantu keberhasilan anda. Dan, sesungguhnya ada banyak sekali orang semacam itu.

Kesalahpahaman 6--
Diperlukan banyak keberuntungan untuk sukses. Padahal, hanya dibutuhkan sedikit keberuntungan. Namun, diperlukan banyak kerja keras, kecerdasan, pengetahuan, dan penerapan.

Kesalahpahaman 7--
Sukses adalah bila anda mendapatkan banyak uang.Padahal, uang hanya satu saja dari begitu banyak keuntungan yang diberikan oleh kesuksesan. Uang pun bukan jaminan kesuksesan anda.

Kesalahpahaman 8--
Sukses adalah bila semua orang mengakuinya. Padahal, anda mungkin dapat meraih lebih banyak orang dan pengakuan dari orang lain atas apa yang anda lakukan. Tetapi, meskipun hanya anda sendiri yang mengetahuinya, anda tetaplah sukses.

Kesalahpahaman 9--
Sukses adalah tujuan. Padahal, sukses lebih dari sekedar anda bisa meraih tujuan dan goal anda. Katakan bahwa anda menginginkan keberhasilan, maka ajukan pertanyaan "atas hal apa?"

Kesalahpahaman 10--
Saya sukses bila kesulitan saya berakhir. Padahal, anda mungkin sukses, tapi anda bukan Tuhan. Anda tetap harus melalui jalan yang naik turun sebagaimana anda alami di masa-masa lalu. Nikmati saja apa yang telah anda raih dan hidup setiap hari sebagaimana adanya.

10 JENIS ORANG ISLAM YANG KEJAM

1 comments

Sufyan Atsauri berkata: "Sepuluh macam kekejaman ialah :

1.    Seorang yang berdoa untuk dirinya sendiri,dan tidak mendoakan untuk anak-anaknya dan kaum mukmin.
2.    Seorang yang pandai membaca Al-Quran, tetapi tiap harinya tidak membaca seratus ayat.
3.    Seorang yang masuk masjid lalu keluar dan tidak sholat dua rakaat.
4.    Seorang yang berjalan melalui kuburan kemudian tidak memberi salam dan mendoakan ahli kubur.
5.    Seorang yang sampai di suatu kota pada hari Jum’at kemudian tidak sholat jemaah.
6.  Seorang yang di daerahnya didatangi oleh seorang alim, tiba-tiba tidak mahu belajar apa-apa daripadanya.
7.    Dua orang yang bertemu di perjalanan dan masing-masing tidak menanyakan nama kawannya itu.
8.    Seorang diundang pada jamuan tiba-tiba tidak datang.
9.    Pemuda yang tidak ada kerja dan tidak mau belajar ilmu dan kesopanan.
10. Seorang yang kenyang sedang dia tahu bahawa tetangganya lapar, tetapi tidak diberi dari makanannya itu.




9 jenis anak setan

0 comments

Umar al-Khattab r. a berkata, terdapat 9 jenis anak syaitan :

1.      Zalituun
Duduk di pasar/kedai supaya manusia hilang sifat jimat cermat. Menggoda supaya manusia berbelanja lebih dan membeli barang-barang yang tidak perlu.

2.      Wathiin
Pergi kepada orang yang mendapat musibah supaya bersangka buruk terhadap Allah.

3.      A'awan
Menghasut sultan/raja/pemerintah supaya tidak mendekati rakyat. Seronok dengan kedudukan/kekayaan hingga terabai kebajikan rakyat dan tidak mahu mendengar nasihat para ulama.

4.      Haffaf
Berkawan baik dengan kaki botol. Suka menghampiri orang yang berada di tempat-tempat maksiat (cth: disko, kelab mlm & tempat yg ada minuman keras).

5.      Murrah
Merosakkan dan melalaikan ahli dan orang yg sukakan muzik sehingga lupa kepada Allah. Mereka ini tenggelam dalam keseronokan dan glamour etc.

6.      Masuud
Duduk di bibir mulut manusia supaya melahirkan fitnah, gosip, umpatan dan apa sahaja penyakit yg mula dari kata-kata mulut.

7.      Daasim (BERILAH SALAM SEBELUM MASUK KE RUMAH...)
Duduk di pintu rumah kita. Jika tidak memberi salam ketika masuk ke rumah, Daasim akan bertindak agar berlaku keruntuhan rumahtangga (suami isteri bercerai-berai, suami bertindak ganas, memukul isteri, isteri hilang pertimbangan menuntut cerai, anak-anak didera dan pelbagai bentuk kemusnahan rumah tangga lagi).

8.      Walahaan
Menimbulkan rasa was-was dalam diri manusia khususnya ketika berwuduk dan solat dan menjejaskan ibadat-ibadat kita yg lain.

9.      Lakhuus
Merupakan sahabat orang Majusi yang menyembah api/matahari. Dan yang terakhir ni yang paling teruk! (SCROLL DI BAWAH)

10. Isetan.
Sebuah pasaraya yg terkemuka di seluruh duniawi. terdapat di sekitar Lembah klang, singapore, Beijing &..... Kebaikan: Memberi potongan harga pada Karnival jualan

Keburukan: Melalaikan manusia bershopping sehingga lupa waktu sembahyang dan lupe yg lakinya dah tunggu kat kereta. Pesanan ; Shopping tu agak2 sikit, jangan sampai berlebih2an pulak. Membazir itulah
sebenarnya amalan Syaitan

11. Hindusetan
Nie mereka2 yg menonton criter hindustan, sampai masuk waktu sembahyang, maseh menyonggol depan tv.....kapala keluar tanduk, tak sedar.......jadi lah hindusetan!!!


7 HARI YANG TELAH LALU DAN MUNGKIN AKAN TERULANG

0 comments
Hari per-1, tahajudku tetinggal
Dan aku begitu sibuk akan duniaku
Hingga zuhurku, kuselesaikan saat ashar mulai memanggil
Dan sorenya kulewati saja masjid yang mengumandangkan azan magrib
Dengan niat kulakukan bersama isya itupun terlaksana setelah acara
tv selesai

Hari ke-2, tahajudku tertinggal lagi
Dan hal yang sama aku lakukan sebagaimana hari pertama

Hari ke-3 aku lalai lagi akan tahujudku
Temanku memberi hadiah novel best seller yang lebih dr 200 hlmn
Dalam waktu tidak 1 hari aku telah selesai membacanya
Tapi... enggan sekali aku membaca Al-qur'an walau cuma 1 juzz
Al-qur'an yg 114 surat, hanya 1,2 surat yang kuhapal itupun dengan
terbata-bata
Tapi... ketika temanku bertanya ttg novel tadi betapa mudah dan
lancarnya aku menceritakan

Hari ke-4 kembali aku lalai lagi akan tahajudku
Sorenya aku datang ke Selatan Jakarta dengan niat mengaji
Tapi kubiarkan ustazdku yang sedang mengajarkan kebaikan
Kubiarkan ustadzku yang sedang  mengajarkan lebih luas tentang agamaku
Aku  lebih suka mencari bahan obrolan dengan teman yg ada disamping
kiri & kananku
Padahal bada magrib tadi betapa sulitnya aku merangkai
Kata-kata untuk kupanjatkan saat berdoa

Hari ke-5 kembali aku lupa akan tahajudku
Kupilih shaf paling belakang dan aku mengeluh saat imam sholat jum'at
kelamaan bacaannya  Padahal betapa dekat jaraknya aku dengan televisi dan
betapa nikmat,
serunya saat perpanjangan waktu sepak bola favoritku tadi malam

Hari ke-6 aku semakin lupa akan tahajudku
Kuhabiskan waktu di mall & bioskop bersama teman2ku
Demi memuaskan nafsu mata & perutku sampai puluhan ribu tak terasa keluar
Aku lupa.. waktu diperempatan lampu merah tadi
Saat wanita tua mengetuk kaca mobilku
Hanya uang dua ratus rupiah kuberikan itupun tanpa menoleh

Hari ke-7 bukan hanya tahajudku tapi shubuhkupun tertinggal
Aku bermalas2an ditempat tidurku menghabiskan waktu
Selang beberapa saat dihari ke-7 itu juga
Aku tersentak kaget mendengar khabar temanku kini
Telah terbungkus kain kafan padahal baru tadi malam aku bersamanya
& ¾ malam tadi dia dengan misscallnya mengingat aku ttg tahajud

kematian kenapa aku baru gemetar mendengarnya?
Padahal dari dulu sayap2nya selalu mengelilingiku dan
Dia bisa hinggap kapanpun dia mau

¼ abad lebih aku lalai....
Dari hari ke hari, bulan dan tahun
Yang wajib jarang aku lakukan apalagi yang sunah
Kurang mensyukuri walaupun KAU tak pernah meminta
Berkata kuno akan nasehat ke-2 orang tuaku
Padahal keringat & airmatanya telah terlanjur menetes demi aku

Tuhan andai ini merupakan satu titik hidayah
Walaupun imanku belum seujung kuku hitam
Aku hanya ingin detik ini hingga nafasku yang saat nanti tersisa
Tahajud dan sholatku meninggalkan bekas
Saat aku melipat sajadahku.....
Amin....

KONSEP NAFKAH DALAM AL-QUR’AN

0 comments
QS al-Baqarah: 233
{والولدت يرضعن أولدهن حولين كملين لمن أراد أن يتم الرضاعة وعلى المولود له رزقهنّ و كسوتهن بالمعروف لا تكلّف نفس إلا وسعها لا تضآرّ ولدة بولدها و لا مولود له بولده و على الوارث مثل ذلك.....إلخ – البقرة: ۲۳۳}
“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan juga seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian.....dst.” (al-Baqarah: 233)

Ayat ini menjelaskan tentang kewajiban suami (ayah) dan isteri (ibu) dalam kehidupan rumah tangga. Kaitannya dengan nafkah, jelas disebutkan bahwa penyediaan nafkah merupakan kewajiban suami sebagai kepala rumah tangga, dimana nafkah tersebut memenuhi kebutuhan keluarga. Mengenai jumlah nafkah yang harus disediakan, ayat tersebut tidak menyebutkan secara khusus. Hanya saja, nafkah itu diberikan dengan cara yang ma’ruf, dan tentunya disesuaikan dengan kemampuan suami agar tidak menjadi beban. Dan ayat ini juga menekankan hubungan anak dan ibu.

QS an-Nisaa’: 3
{فإن خفتم ألا تقسطوا فى اليتمى فانكحوا ما طاب لكم من النسآء مثنى و ثلث و ربع فإن خفتم ألا تعدلوا فوحدة أو ما ملكت أيمنكم ذلك أدنى ألا تعولوا – النسآء: ۳}
“Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.” (an-Nisaa’: 3)

Pada ayat ini, lebih dititik beratkan pada masalah tentang pemberian nafkah oleh suami yang memiliki isteri lebih dari satu. Bahwa seorang laki-laki hanya boleh beristeri lebih dari satu, jika dia mampu menyediakan nafkah bagi masing-masing isterinya dan dapat berlaku adil dalam membagi perasaannya. Dan itu berkaitan langsung dengan tanggung jawab suami sebagai pemimpin keluarga yang berkewajiban memberi nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Dan bisa tidak menelantarkan anak-anaknya, baik dari segi sandang pangan maupun kebahagiannya.

QS an-Nisaa’: 34
{الرجال قومون على النسآء بما فضّل اللّه بعضهم على بعض وبما أنفقوا من أموالهم فالصلحت قنتت حفظت للغيب بما حفظ اللّه.....إلخ – النسآء:۳٤}

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang shalehah, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara mereka.....dst.” (an-Nisaa’: 34)

Ayat ini mengingatkan (sekali lagi), bahwa laki-laki berkewajiban menyediakan nafkah bagi keluarganya. Allah menyebutkan bahwa Dia telah menjadikan kaum laki-laki sebagai pemimpin kaum wanita. Oleh sebab itu, Allah memberi sebagian kaum laki-laki kelebihan yang tidak ditemukan pada kaum wanita. Dan, kewajiban isteri adalah menjaga kehormatan dan harta suaminya.

QS ath-Thalaq: 6
{أسكنوهن من حيث سكنتم من وجدكم و لا تضآرّوهن لتضيّقوا عليهن و إن كن أوْلت حمل فأنفقوا عليهن حتى يضعن حملهن فإن أرضعن لكم فئاتوهن أجورهن وأتمروا بينكم بمعروف و إن تعاسرتم فسترضع له أخرى – الطلاق: ٦}
“Tempatkanlah mereka (para isteri) dimana kamu bertempat tinggal menurut kemampuanmu dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka. Dan jika mereka (isteri-isteri yang sudah ditalaq) itu sedang hamil, maka berikanlah kepada mereka nafkahnya hingga mereka bersalin, kemudian jika mereka menyusukan (anak-anak)mu untukmu, maka berikanlah kepada mereka upahnya; dan musyawarahkanlah di antara kamu (segala sesuatu) dengan baik; dan jika kamu menemui kesulitan, maka perempuan lain boleh menyusukan (anak itu) untuknya.” (ath-Thalaq: 6)

Ayat ini menyebutkan bahwa suami berkewajiban memberikan perlindungan kepada isterinya, khususnya tempat yang akan ditinggali isterinya dan tidak boleh sekali-kali menyusahkannya. Meski isteri tersebut telah dicerai, kewajiban memberi nafkahpun terus berlangsung selama masa ‘iddah. Bahkan, jika isteri yang telah dicerai tersebut dalam keadaan hamil, maka mantan suami berkewajiban memberi nafkah sampai isterinya melahirkan. Begitu pula ketika mantan isteri tersebut menyusui anaknya, mantan suami hendaknya memberikan nafkah sebagai biaya selama menyusui.

QS ath-Thalaq: 7
{لينفق ذو سعة من سعته و من قدر عليه رزقه فلينفق ممآ ءاته اللّه لا يكلف اللّه نفسا إلا مآ ءاتها سيجعل اللّه بعد عسر يسرا – الطلاق: ٧}
“Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rizqinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (ath-Thalaq: 7)

Kewajiban suami dalam memberi nafkah keluarga, hendaknya disesuaikan dengan kemampuannya. Jika sedang dalam kesempitan rizqi, maka cukup memberikan apa yang telah diberikan oleh Allah, meski sedikit, agar tidak menjadi beban. Niscaya, sesudah kesempitan, Allah akan memberikan kelapangan rizqi baginya.

QS al-Israa’: 30
{إن ربك يبسط الرزق لمن يشآء و يقدر إنه كان بعباده خبيرا بصيرا – الإسراء: ۳۰}
“Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rizqi kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.” (al-Israa’: 30)

Dalam ayat ini, dijelaskan bahwa Allah menjamin akan melapangkan rizqi atau menyempitkannya bagi hamba-Nya yang Dia kehendaki. Kaitannya dengan penyedian nafkah, bagi seorang suami yang bersungguh-sungguh dalam mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan keluarganya, niscaya Allah akan membri kemudahan dengan melapangkan rizqinya. Karena, Allah Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.

Kesimpulan:
Konsep nafkah secara keseluruhan dalam rangka membangun kehidupan keluarga yang sakinah sebagai tujuan perkawinan, yang diperoleh dari sejumlah ayat yang berkaitan dengan nafkah di atas adalah:

1. Penyediaan nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga merupakan tanggung jawab dan kewajiban seorang suami. Karena, Allah menjadikan para laki-laki sebagai pemimpin bagi wanita, termasuk sebagai pemimpin dalam keluarga. Hal ini berkenaan dengan status nafkah sebagai tanggung jawab dan kewajiban suami untuk menyediakannya;

2. Tidak ada aturan khusus mengenai jumlah nafkah yang harus diberikan oleh suami dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Allah hanya meyebutkan dalam al-Qur’an, bahwa nafkah hendaknya diberikan dengan cara yang ma’ruf atau patut. Artinya, penyediaan nafkah harus disesuaikan dengan kemampuan suami. Jika suami dalam keadaan sempit rizqi, maka berikanlah apa yang telah diberikan oleh Allah, meski jumlahnya kecil. Niscaya Allah akan melapangkan rizqinya di kemudian hari. Hal tersebut dimaksudkan agar suami tidak menjadikan nafkah sebagai beban yang harus ditanggungnya,

3. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah peran isteri dalam keikutsertaannya membina rumah tangga bersama suami. Hendaknya isteri menjaga kehormatan dirinya dan keluarganya, serta harus menjaga harta suaminya, ketika suami tidak berada di rumah. Kaitannya dengan nafkah yang diberikan oleh suaminya, isteri seyogyanya menerima dengan ikhlas apa yang telah diberikan oleh suaminya. Manakala sang suami sedang dalam keadaan sempit rizqi dan hanya mampu memberi nafkah dalam jumlah yang kecil. Hal itu dimaksudkan agar hubungan harmonis suami dan isteri tetap terjaga, dalam rangka membangun kehidupan keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN DENGAN SYOK SEPSIS

0 comments
BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Syok sepsis merupakan bentuk paling umum syok distributive yang disebabkan oleh infeksi yang menyebar luas dan suatu masalah klinis yang kompleks yang sering terjadi pada pasien dengan kondisi yang kritis. Meski telah terjadi peningkatan kecanggihan dari terapi antibiotik, insiden syok sepsis ini terus meningkat selama 50 tahun terakhir yang timbul pada kira- kira satu dari setiap 100 pasien yang dirawat dirumah sakit, dan syok sepsis ini timbul pada sekitar 40% dari pasien tersebut. Tingkat mortalitas pada pasien dengan syok sepsis adalah sekitar 50%. Angka tingkat mortalitas yang tinggi ini mengharuskan pengenalan cepat serta tindakan dini. Perawat di unit keperawatan kritis, dengan pemahaman yang cermat mengenai sepsis dan syok sepsis, dapat memainkan peranan yang penting dalam mendeteksi dan penatalaksanaan klinis dari pasien- pasien tersebut.
Sepsis seringkali didefinisikan sebagai adanya mikroorganisme pathogenic atau toksinnya di dalam aliran darah. Istilah sindrom sepsis didefinisikan sebagai renspon sistemik terhadap sepsis, diwujudkan sebagai takikardia, demam atau hipotermia, takipnea dan merupakan tanda dari perfusi organ yang tidak mencukupi. Tanda dari perfusi organ yang tidak mencukupi termasuk juga adanya penurunan status mental, hipoksemia, penurunan haluaran urine atau peningkatan serum laktat. Apabila sindrom sepsis disertai hipotensi, keadaan ini disebut syok septik.
Syok septik adalah suatu bentuk syok yang menyebar dan vasogenik yang dicirikan oleh adanya penurunan daya tahan vaskuler sistemik serta adanya penyebaran yang tidak normal dari volume vaskuler. Tipe lain dari syok yang menyebar adalah termasuk syok neorogenik dan syok anafilaktik.

B. Tujuan
1. Tujuan Umum
Diharapkan mampu memahami dan mengaplikasikan teori mengenai syok sepsis dalam asuhan keperawatan khususnya pada ruang intensif.
2. Tujuan Khusus
a. Mampu mendefinisikan syok sepsis.
b. Mampu mengidentifikasi factor resiko yang berkaitan dengan timbulnya syok sepsis.
c. Mampu menggambarkan proses- proses pathofisiologis yang terlibat pada syok sepsis.
d. Mampu menjelaskan penatalaksanaan medis yang diantisipasi dan rasional untuk tindakan terhadap syok sepsis.
e. Mampu mengidentifikasi dan menginternalisasi dalam asuhan keperawatan pada klien yang mengalami syok sepsis.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A. Pengertian

1. Syok septik atau sepsis adalah suatu sindrom respon inflamasi sistemik atau systemic inflammatory response syndrome (SIRS) yang terkait dengan adanya suatu infeksi.
2. Syok septik adalah suatu masalah klinis yang kompleks yang sering terjadi pada pasien dengan kondisi yang kritis (bukune oci).
3. Syok septik adalah suatu bentuk syok yang menyebar dan vasogenik yang dicirikan oleh adanya penurunan daya tahan vaskuler sistemik serta adanya penyebaran yang tidak normal dari volume vaskuler (bukune oci).
4. Syok septic (keracunan darah ) merupakan infeksi bakteri yang menyebar luas ke banyak bagian tubuh , dimana infeksi disebarkan lewat darah dari jaringan ke jaringan lainnya.
5. Syok septik adalah syok yang disebabkan oleh infeksi yang menyebar luas yang merupakan bentuk paling umum syok distributif. Pada kasus trauma, syok septik dapat terjadi bila pasien datang terlambat beberapa jam ke rumah sakit. Syok septik terutama terjadi pada pasien-pasien dengan luka tembus abdomen dan kontaminasi rongga peritonium dengan isi usus.

B. Etiologi
1. Peritonitis
Disebabkan oleh penyebaran infeksi dari uterus dan tuba falopi sering kali akibat dari abortus instrumentalis yang dilakukan dalam kondisi tidak steril.
2. Peritonitis karena ruptur usus
Disebabkan oleh penyakit usus dan kadang-kadang karena trauma
3. Infeksi generalisata
Karena penyebaran dari infeksi kulit biasa, seperti infeksi strepkokokus/ stapilokokus dan pnemokokus , bagian yang biasanya terinfeksi adalah perkemihan, gastrointestinal, dan pulmonal.
4. Infeksi ganggenosa generalisata
Disebabkan oleh basil ganggren, mula-mula menyebar melalui jaringan itu sendiri dan akahirnya lewat darah ke organ lainnya terutama hati
5. Infeksi yang menyebar didalam darah
Disebabkan oleh basil coli.

C. Faktor Resiko
D. Tanda dan Gejala
E. Pathofisiologi
Prinsip Patofisiologi Syok Sepsi
1. Serangkaian peristiwa yang mengarah dari sepsis sampai syok septik, dicetuskan oleh hormonal kompleks serta bahan-bahan kimia yang dihasilkan baik langsung maupun tidak lagsung oleh sistem pertahanan tubuh sebagai respon terhadap efek yang merugikan yang disebabkan oleh toksin bakteri. Aktivasi seluler, hormonal, dan sistem pertahanan kekebalan oleh toksin secara umum mengakibatkan respon peradangan.
2. Respon peradangan ini menghasilkan berbagai mediator kimiawi yang mungkin bertanggung jawab terhadap kekacauan pada banyak sistem yang terkait denga syok septik.

F. Stadium
a. Systemic Inflammatory Response Syndrome (SIRS), ditandai dengan gejala sebagai berikut:
a. Hyperthermia/hypothermia (>38,30C; <35,60C) b. Tachypneu (resp >20/menit)
c. Tachycardia (pulse >100/menit)
d. Leukocytosis >12.000/mm atau Leukopenia <4.000/mm b. Sepsis Infeksi disertai SIRS c. Sepsis Berat Sepsis yang disertai MODS/MOF, hipotensi, oligouri, bahkan anuria d. Sepsis dengan hipotensi Sepsis dengan hipotensi (tekanan sistolik <90 mmHg atau penurunan tekanan sistolik >40 mmHg).

SELENGKAPNYA

4 PERKARA SEBELUM TIDUR

0 comments
Rasulullah berpesan kepada Aisyah ra : “Ya Aisyah janganlah engkau tidur sebelum melakukan empat perkara, yaitu :

1. Sebelum khatam Al Qur’an,
2. Sebelum membuat para nabi memberimu syafaat di hari akhir,
3. Sebelum para muslim meridloi kamu,
4. Sebelum kau laksanakan haji dan umroh....

Aisyah bertanya :
“Ya Rasulullah... Bagaimana aku dapat melaksanakan empat perkara seketika?”

Rasul tersenyum dan bersabda : “Jika engkau tidur bacalah : Al Ikhlas tiga kali seakan-akan kau mengkhatamkan Al Qur’an.

Bacalah sholawat untukku dan para nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberi syafaat di hari kiamat.

Beristighfarlah untuk para muslimin, maka mereka akan meridhai kamu.

Dan, perbanyaklah bertasbih, bertahmid, bertahlil, bertakbir maka seakan-akan kamu telah melaksanakan ibadah haji dan umroh”

Biografi Singkat Plato

0 comments
Pendahuluan
Plato adalah tokoh yang paling berpengaruh diantara para seluruh filusuf, baik pada zaman kuno, pertengahan maupun modern. Ketika muda, ia merencanakan untuk memasuki kehidupan politik akan tetapi ia membatalkan cita-cita tersebut. Ketika Socrates yang ia ikuti dan kagumi, dihukum mati oleh Negara. setelah Socrates meninggal ia meninggalkan Athena dan melakukan perjalanan sampai tahun 387 SM. Pada tahun teesebut ia kembali ke Athena dan mendirikan sekolah yang tersohor dengan nama Academy
Makalah yang ada di hadapan pembaca ini akan menyajikan aspek-aspek utamanya saja dari filsafat Plato dan sedikit biografi dari Plato.

Biografi Singkat Plato
Plato dilahirkan sekitar tahun 428-7 SM, tahun-tahun awal perang peloponnes. Ia seorang bangsawan kaya, masih berkerabat dengan banyak orang yang terlibat dalam pemerintahan Tiga Puluh Tiran. Ia masih muda ketika Anthena kalah perang, dan ia menunjuk sistem demokrasilah penyebab kekalahan itu. Adalah kedudukan sosial Plato dan koneksi keluarganya yang agaknya mempengaruhi pandangannya yang merendahkan demokrasi. Ia murid socrates, guru yang ia sangat cintai dan hormati; dan socrates di hukum mati dalam sistem demokrasi. Maka tak mengherankan jika ia mengalihkan pandangan ke Sparta sebagai gambaran kasar negeri persemakmuran yang dia idealkan. Plato memiliki bakat mengemas pandangannya yang keras sedemikian rupa sehingga bisa mengelabui perbagai zaman sesudahnya, yang begitu menghargai karyanya yang berjudul Republik tanpa pernah insyaf akan apa yang sebetulnya terkandung dalam pemikirannya. Tak pernah keliru jika orang memuji Plato, meski belum tentu benar untuk memahami gagasannya. Ini memang nasib yang selalu menimpa para tokoh besar.
Tulisan-tulisan Plato yang berjumlah lebih daripada 30 tulisan mengandung keindahan dan kemurnian. Karya-karya Plato memakai bentuk sastra yang dinamakan dialog yang terdiri dari percakapan-percakapan antara dua orang atau lebih mengenai ide yang penting atau ideal. Tulisan-tulisannya yang permulaan mungkin mencerminkan pandangan Socrates secara langsung. Akan tetapi dalam tulisan-tulisannya yang kemudian, pelaku yang dinamakan Socrates adalah juru bicara dari sikap filsafat Plato sendiri. Karya-karyanya yang sangat dikenal termasuk Apology dan Crito, yang keduanya membicarakan tentang peradilan Socrates dan percakapan-percakapannya yang terakhir; Euthyphro yang membicarakan tentang ketaqwaan(piety); Phaedo yang memusatkan pembicaraan tentang “Ideal of the Good”; The Republic, karangan terbaik dari Plato, yang membicarakan tentang keadilan dan negara ideal.


SELENGKAPNYA

Rukun - Rukun Nikah

0 comments

أركان الزواج

الركن عندالحنفية: مايتوفق عليه وجودالشئ ويكون جزأ داخلا فى حقيقته.
الشرط عندالحنفية: مايتوفق عليه وجودالشئ ولم يكن جزأ من حقيقته.
الركن عندالجمهور: ما به ام الشئ ووجوده فلا يتحقق الا به.
الشرط عند الجمهور: مايتوفق وجودالشئ وليس جزأمنه اومالابدمنه.
فالايجاب والقبول زكن بالا تفاق, لان بهايرتيط احدالعاقدين بالاخروالرضاشرط.
وركن الزواج عندالحنيفة: الابجاب والقبول فقط
واركان الزواج عندالجمهوراربعة: صيعة(وهى الايجاب والقبول) وزوجة.زوج وولي وهماالعاقدان واماالمعقوذ فهوالاستمناع الذى يقصده الزوجان من الزوج.

Rukun - Rukun Nikah
Rukun menurut ulama’ Hanafiyah: Suatu yang relevan dengan eksistensinya dan juz / bagian dari sesuatu tersebut ada dalam keadaan yang sebenarnya /hakitatnya.
Syarat menurut ulama’ Hanafiyah: Sesuatu yang relevan dengan eksistensinya, namun bagian dari sesuatu tersebut tidak nampak dalam hakikatnya.
Rukun menurut mayoritas Ulama’: inti dan wujud sesuatu yang terdapat dalam hakikatnya.
Syarat menurut mayoritas Ulama’: Sesuatu yang relevan dengan eksistensinya, namun bagiannya tidak terdapat didalamnya.
Menurut kesepakatan Ulama’: Ijab dan qabul merupakan rukun, oleh karma itu kedua orang yang akad saling terkait. Sedangkan ridho itu termasuk dalam syarat.
Rukun nikah menurut ulama’ Hanafiyah hanya ijab dan qabul. Sedangkan menurut mayoritas ulama’ ada 4 (empat)yaitu: Sighot (Ijab qabul), istri, suami, wali.
Ijab qabul adalah dua orang yang saling akad. Adapun sesuatu yang diakati adalah kehalalan dalam melakukan hubungan suami istri.

TSANI LIZIAH

1 comments
alumni ponpes gontor yang ahli di bahasa arab dan inggris, serta sekarang mahasiswa perguruan tinggi yang mengambil jurusan adab dan humaniora

MEGA MERRY

0 comments
MEGA MERRY 9 DES 2011

DAI PILIHAN AZHARI NASUTION 9 DESEMBER 2011

0 comments

DAI PILIHAN ANTV

HUKUM TANAH DALAM MASYARAKAT ADAT

0 comments
A. PENDAHULUAN
Sebagai salah satu unsur esensial pembentuk negara, tanah memegang peran vital dalam kehidupan dan penghidupan bangsa pendukung negara yang bersangkutan, lebih-lebih yang corak agrarisnya berdominasi.
Masyarakat adat, awal mulanya hidup nomaden (berpindah-pindah). Sehingga mengakibatkan semua tanah yang digarap menjadi milik bersama dan menggarapnya pun dengan caara gotong royong (komunal) pula. Sampai mereka hidup menetap, sifat komunal masih melekat. Untuk mencapai tujuan kemakmuran rakyat, diperlukan campur tangan penguasa yang kompeten dalam urusan tanah.1
Bila dipandang menurut sejarahnya di Indonesia, menurut Purnadi Purbacaraka dan A. Ridwan Halim, hukum agraria (tanah) dapat dibagi atas 2 (dua) fase, yakni fase pertama, dimana didalamnya terdapat Hukum Agraria Adat dan Hukum Agraria Barat; fase kedua, dimana didalamnya terdapat Hukum Agraria Sesudah Berlakunya UUPA.2
Dalam makalah ini kami hanya akan membahas tentang hukum adat dan kedudukannya sesudah berlakunya UUPA (mulai tanggal 24 September 1960).
B. PEMBAHASAN
Salah satu sejarah hukum tanah di Indonesia sebelum berlakunya UUPA selain hukum agraria barat yaitu hukum tanah adat. Yang didalamnya mengenal seperti hak ulayat, hak milikdan hak pakai.3
Lembaga hukum tanah adat di atur dalam hukum adat. Hukum yang mengaturnyapun tidak tertulis. Tanah adat ini umumnya tidak terdaftar maka jumlahnya hanyalah sebagian kecil saja dari jumlah hak tanah yang ada, misalnya: tanah milik perorangan yang sudah didaftarkan. Kalaupun pernah didaftarkan, pendaftarannya itu hanyalah bertujuan untuk bukti setoran pajak yang telah dibayar oleh pemiliknya (sebagai kohir atau kutir). Jadi secara yuridis bukan sebagai hak. Pembuktian hak atas tanah itu berdasarkan atas kesaksian. Di lingkungan hukum adat, campur tangan penguasa dilakukan oleh kepala berbagai persekutuan hukum.4
1. Hak atas tanah adat.
Hak atas tanah adat menurut hukum adat sebelum berlakunya UUPA:
a. Hak Ulayat.
Hak Ulayat ialah hak atas tanah yang di pegang oleh seluruh anggota masyarakat hukum adat secara bersama-sama (komunal).5 Hak ulayat juga dinamakan hak purba. Menurut Iman Sudiyat, hak purba ialah hak yang dipunyai oleh suatu suku, sebuah serikat desa-desa (dorpenbond) atau biasanya oleh sebuah desa saja untuk menguasai seluruh tanah seisinya dalam lingkungan wilayahnya.6
Dengan hak ulayat ini, masyarakat hukum adat yang bersangkutan menguasai tanah tersebut secara menyeluruh. Tetapi dalam konsepsi hak ulayat yang bersifat komunal pada hakikatnya tetap terdapat juga hak anggota masyarakat yang bersangkutan untuk secara perorangan menguasai sebagian dari objek penguasaan hak ulayat tersebut secara tertentu (dengan menggunakan tanda-tanda tertentu) agar diketahui para anggota lainya semasyarakat dalam waktu yang tertentu pula.7
b. Hak Perorangan.
Menurut Iman Sudiyat, hak perorangan yaitu suatu hak yang diberikan kepadaa warga desa ataupun orang luar atas sebidang tanah yang berada di wilayah hak purba (ulayat) persekutuan hukum yang bersangkutan.
Jenis-jenis hak perorang ada 6, yaitu:
1). Hak milik, hak yasan (inlands bezitrecht).
2). Hak wenang pilih, hak kinacek, hak mendahului (voorkeursrecht).
3). Hak menikmati hasil (genotrecht).
4). Hak pakai (gebryiksrecht), dan hak menggarap/ mengolah (ontiqinningsrecht).
Hukum adat di Indonesia tidak mengenal suatu keadaan, dalam mana ada orang perseorangan mempunyai hak milik atas tanah disamping orang lain, yang seketika itu juga mempunyai hak memakai atau hak menggarap atas tanah itu.
Bilamana ada suatu keadaan, yang seorang A mempunyai hak memakai atau menggarap atas sebidang tanah dan dengan terang dapat dikatakan, bahwa seorang A itu bukanlah pemilik tanah itu. Maka selalu yang mempunyai hak milik atas tanah itu adalah suatu persekutuan kekeluargaan.
Misalnya di Minangkabau ada sawah pusaka, yang hak miliknya berada di tangan suatu keluarga sedang seorang anggota dari keluarga itu, yang de facto menggarap sawah itu hanya mempunyai hak menggarap. Begitu juga di Minahasa.8
5). Hak imbalan jabatan (ambtelijk profijt recht).
Di berbagai daerah di Indonesia, terutama dimana hanya ada sedikit tanah yang dapat dikerjakan ada peraturan adat tentang pemberian suatu hak kepada seorang pejabat atas sebidang tanah. Hak ini melekat pada suatu jabatan seperti kepala desa atau anggota pengurus desa. Isi dari hak ini adalah bahwa pejabat tersebut boleh mengerjakan tanah itu atau menyewakannya kepada orang lain, tetapi hanya selama ia memegang jabatan. SELENGKAPNYA

PHOTO PERESENTER METRO SPORT

0 comments
ni adalah photo presenter metro sport metrotv widia saputra, pasti tak asing lagi buat yang sering melihat acara metrosport setiap jam 23:30 di metrotv, saya sendiri seringkali menonton, sampai-sampai ngefan juga sama mbak widia,,ha hai,,,,ok selamat melihat dech ya,,,,semoga sedikit terobati yang ngefan sama mbak widianya




















JADWAL BOLA 10-13 DESEMBER LIVE TV NASIONAL

0 comments


ANTV

Minggu 11 Desember 2011
Indonesia Super Leage
Sriwijaya FC vs PSPS Pekanbaru 15:30 WIB
Persiram vs Persija jakarta 18:00 WIB

GLOBALTV
Sabtu, 10 Desember
22:00 Arsenal vs Everton
Minggu, 11 Desember
23:00 Stoke City vs Tottenham Hotspur

INDOSIAR
Senin, 12 Desember
02:45 Novara vs Napoli
Selasa, 13 Desember
02:45 AS Roma vs Juventus

MNCTV
Sabtu, 10 Desember
22:00 Manchester United vs Wolverhampton Wanderers

Minggu, 11 Desember
14:00 El Tunis vs Al Sadd (Piala Dunia Antarklub)

Selasa, 13 Desember
03:00 Chelsea vs Manchester City

TVONE
Minggu, 11 Desember
00:00 Levante vs Sevilla
02:00 Real Betis vs Valencia
04:00 Real Madrid vs Barcelona
22:00 Villarreal vs Real Sociedad

Senin, 12 Desember
00:00 Real Zaragoza vs Mallorca
03:30 Espanyol vs Atletico Madrid

VIDEO TERRY FLETHER

0 comments
ni lagunya bagus ,,aku lupa nama judul fimnya dulu uda lama soalnya,,,,,

WISATA ALAM GOA 7 SERANGKAI & SEI BONGKARAN DESA KABUN RIAU

0 comments
wisata alam yang terletak di kabupaten rokan hulu hulu tepatnya berada di desa kabun kecamatan kabun kabupaten rokan hulu riau, disitu terdapat Goa 7 serangkai dan tempat pemandian berbatu, dinamakan masyarakat setempat Sei Bongakaran, konon sejarahnya dinamakan Sei Bongkaran, dahulu kala tempat sampan memuat dan membongkar apa-apa yang ada disampan mereka, sehingga dinamakan dengan bongkaran. setiap liburan atau selesai habis ujian nasional, dan juga hari libur besar nasional, sei bongkaran ini ramai dikunjungi oleh pengunjung berbagai daerah, seperti bangkinang, pekanbaru, ujung batu dan tandun. yang disayangkan adalah Goa 7 serangkai, sampai saat ini sudah tidak terawat lagi, oleh karena kurang adanyadukungan dari masyarakat dan pemerintah setempat.
-------------------------------------------------------------------------------------
natural attractions are located in the upstream upstream Rokan precisely located in the village district kabun kabun Rokan riau upstream, there are seven series of Goa and rocky bathing places, local people named Sei Bongakaran, reputedly named Sei dismantling its history, long ago where the boat load and unload what are their disampan, so named by the demolition. any vacation or finish out the national exams, as well as large national holiday, sei demolition is visited by visitors to various areas, such as Bangkinang, Pekanbaru, stone and tandun tip. the unfortunate thing is Goa 7 series, until now no longer maintained, therefore less adanyadukungan from society and local government.
-----------------------------------------------------------------------------------
attraits naturels sont situés dans le Rokan amont amont situé précisément dans le village du district Kabun Kabun Rokan amont Riau, il ya sept séries de Goa et de lieux de baignade rocheux, la population locale nommée Sei Bongakaran, réputé nommé Sei démanteler son histoire, il ya bien longtemps où la charge du bateau et à décharger quelles sont leurs disampan, ainsi nommée par la démolition. vos vacances ou de finition sur les examens nationaux, ainsi que de grandes vacances nationales, de la démolition boréal est visité par les visiteurs de divers domaines, tels que Bangkinang, Pekanbaru, la pierre et tandun pointe. Le malheur est Goa série 7, jusqu'à présent, n'est plus maintenu, donc moins adanyadukungan du gouvernement de la société et local.
----------------------------------------------------------------------------------
Naturschönheiten im Upstream Upstream Rokan genau im Ortsteil kabun kabun Rokan Riau stromaufwärts liegen, gibt es sieben Reihe von Goa und felsige Badeplätze, Menschen vor Ort mit dem Namen Sei Bongakaran, angeblich benannt Sei Abbau ihrer Geschichte, vor langer Zeit, wo das Boot be-und entladen was sind ihre disampan, so durch den Abriss benannt. jeden Urlaub oder beenden Sie die nationalen Prüfungen, sowie großen nationalen Feiertag, ist SEI Abriss von den Besuchern zu verschiedenen Bereichen, wie Bangkinang, Pekanbaru, Stein und tandun Spitze besucht. Das Unglück ist Goa 7 series, bis jetzt nicht mehr gepflegt, daher weniger adanyadukungan aus der Gesellschaft und der lokalen Regierung.
-----------------------------------------------------------------------------------
attrazioni naturali si trovano nella Rokan a monte a monte precisamente nel quartiere borgo kabun kabun Rokan Riau a monte, ci sono sette serie di Goa e luoghi balneari rocciose, la gente locale di nome Sei Bongakaran, presumibilmente nominato Sei smantellamento della sua storia, molto tempo fa in cui il carico in barca e scarico quali sono i loro disampan, così chiamato dalla demolizione. qualsiasi tipo di vacanza o di finire fuori gli esami nazionali, così come grande festa nazionale, la demolizione sei è meta di visitatori alle varie aree, come ad esempio Bangkinang, Pekanbaru, pietra e tandun punta. la cosa spiacevole è Goa 7 series, fino ad ora non è più mantenuto, quindi meno adanyadukungan dal governo e la società locale.

CAK LONTONG

1 comments


episode sebelumnya cak lontong membicarakan tentang pentinganya salah dan tak boleh saling menyalahkan kali ini cak, lontong membahas tentang pentingnya takut, takutnya seseorang tergantung pada temannya, seperti itu yang dikatakan oleh cak lontong, salam lemper, salam lontong, selamat menyaksikan

SI MUDI YANG BIKIN NGAKAK

0 comments

comedy show metro emank bikin ngakak,,,apa lagi kali ini simudi yang bikin ketawa oleh asksinya,,,,,,,oke dech ..liat aja ya,,dijamin ngakak 100 persen

DEDDY DAHLAN

0 comments
NI VIDEO STAND UP COMEDY SHOW METRO 8 DESEMBER 2011

HASIL LENGKAP KUALIFIKASI LIGA CHAMPION 2011

0 comments
INILAH HASIL LENGKAP HASIL KUALIFIKASI LIGA CHAMPION DARI GROUP A B C D E F G H
SILAHKAN DILIHAT SENDIRI SIAPA JUARA GROUPNYA, APAKAH TIM FAVORIT ANDA LOLOS ATAU TIDAK.


GROUP A

GROUP B



GROUP C



GROUP D



GROUP E



GROUP F



GROUP G



GROUP H

HASIL LIGA CHAMPION 8 DESEMBER 2011

0 comments



inilah hasil liga champion kamis dinihari.

HASIL LIGA CHAMPION 7 DESEMBER 2011

0 comments

SMADAV TERBARU DESEMBER 2011

0 comments
SMADAV TELAH mengupdate antivirus smadav terbaru di bulan desember ini , dengan versi terbaru smadav 8.8 . untuk membasmi virus yang versi ini lebih bagus dari yang sebelumnya.

DOWNLOAD DISINI SMADAV 8.8

DOWNLOAD keynya
Copyright 2011 Share and Care.
Blogger Template by Noct. Free Download Blogger Template