Cara Mengatasi Siswa Invalid diVerval PD di DAPODIK

Beberapa hari kemarin saya cek perkembangan siswa baru yang masuk di vervalpd, dua bulan lamanya cek, tepat dua hari lalu ada sepuluh siswa dengan status invalid akibat status siswa di dapodik naik kelas padahal siswa masih berstatus siswa baru.
Tanpa mikir langsung saya perbaiki seluruh rombel dengan mengeluarkan seluruh siswa dari rombel. cara lengkapnya sebagai berikut .

1. LOGIN dapodik
2. pilih rombel
3. klik anggota rombel
4. keluarkan siswa yang invalid berdasarkan data vervalpd tersebut dari rombel
5. sebelum masukkan siswa ke rombelnya pastikan  status PENDAFTARAN menjadi siswa baru
6. Setelah merubah jenis pendaftaran tarik dan masukkan kembali siswa yang diluar rombel tadi.
7. status siswa sudah menjadi siswa baru (bukan naik kelas)
8. selesai.

Ini adalah pengalaman saya memperbaiki data yang invalid di vervalpd, perlu diingat tidak semua permasalahan sama, tentunya berbeda-beda di website vervalpd, ada yang belum punya NISN , nama salah, tanggal lahir salah, dan lainnya. untuk permasalah disini hanya membahas siswa yang invalid akibat status siswa naik kelas di kelas X padahal yang benar adalah SISWA BARU.


NB: biasanya data diatas dialami ketika siswa dimasukkan dari luar dapodik, rata-rata siswa dari MTs ataupun paket B hampir seluruh data mereka invalid, sedangkan siswa yang ditarik online dari SMP tidak ada yang invalid, padahal statusnya naik kelas.


Jadi itu saja yang bisa disampaikam, demikian cara mengatasi siswa yang invalid akibat salah status pendaftaran. semoga bermanfaat.


0 Response to "Cara Mengatasi Siswa Invalid diVerval PD di DAPODIK"

Post a Comment